بسم الله الرحمن الرحيم. -- Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang -- 慈悲あまねく慈愛深きアッラーの御名において
English Japanese French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Korean Arabic Chinese Simplified
Edited By Ore-Sama

Sabtu, November 26

Honne & Tatemae (Orang Jepang bo'ong??)


Sebenarnya ini juga dilakukan ma orang Indonesia khususnya orang Jawa paling ahli kelihatanya , orang jepang yang q kenal selama ini semuanya suka muji, entah itu mang bener dari hati  ato g;>

Definisi Honne & Tatemae dari Wikipedia:
Honne (本音?) refers to a person's true felling and desires. These may be contrary to what is expected by society or what is required according to one's position and circumstances, and they are often kept hidden, except with one's closest friends.
Tatemae (建前?), literally "façade," is the behavior and opinions one displays in public. Tatemae is what is expected by society and required according to one's position and circumstances, and these may or may not match one's honne.

Orang indonesia/ jawa ketika berbicara dengan lawan bicara selalu menjaga perasaan lawan bicara. ketika mereka akan mengatakan hal yang mungkin akan melukai perasaan lawan bicara, akan mengatakan secara tidak langsung atau bahkan mungkin tidak jadi mengatakanya.

sedang orang Jepang seperti misal ketika menilai suatu makanan yang dimakannya, orang jepang akan selalu mengatakan Oishii!!(enak) meskipun makanan itu belum tentu enak juga. tapi memang tabiat orang timur dan sebagian orang indonesia? seperti kita yang tidak mungkin mengatakan "G enak Blas!!!" saat disuguhi makanan karena sangat tidak sopan. Mengatakan “kurang enak” dan “tidak enak”, nuansanya berbeda sekali. Demikian pula mengatakan “cukup enak” dan “agak enak”.

Jadi penilaian “positif” orang Jepang terhadap segala sesuatu, adalah sama dengan sikap masyarakat Timur, untuk menjaga perasaan lawan bicara.  namun karena pujian orang jepang itu kita harus selalu hati-hati, seperti Sensei q orang Jepang. jika beliau mengatakan " Rony san Nihongo ga jyosu desu ne" (Bahasa jepang roni san bagus/pintar), q akan meyimpan dalam hati dan mengartikanya.... "Rony san, Kamu Harus belajar 5 tahun lagi untuk bahasa Jepangmu....Alias q masih bodoh benar!!:>









Buzz This

Related Post

Share

0 komentar:

Posting Komentar